Jumat, 30 Oktober 2009

cara berkendara motor yang baik

cara berkendara motor yang baik :

1. Tidak memanaskan mesin terlalu lama, kalau pagi2 atau kondisi mesin dingin cukup maksimal 5 menit. jangan lebih dari itu karena bisa menyebabkan knalpot berubah warna jadi kuning, terus juga panas mesin berlebih karena tidak kena angin,

2. Pastikan kamu menggunakan gigi sesuai dengan kecepatannya, biasanya di indikator spedo suka ada tuh.. gigi 1 untuk kecepatan 0-20kpj, lalu gigi 2 untuk dst.... jadi belum tentu dengan pakai gigi 4 atau gigi tertinggi di jalan lurus tanpa kebut bisa bikin awet mesin, yang pasti feeling kita juga harus bisa menyesuaikan apakah mesin terasa berat atau tidak.

3.. Tidak menghentak gas >> selain konsumsi bbm jadi lebih boros, ini akan berpengaruh ke kopling selain itu gir dan rante akan lebih cepat aus

4. Ganti Oli jangan telat..... apalagi kalo motor kamu 4 tak. karena oli mesin bisa diibaratkan sebagai nyawa motor..

ok? good luck. safety riding..

Perawatan Motor

Cara Gampang Merawat Motor!



Kalau motor sudah mulai rewel, paling nyebelin! apalagi bagi yang mau mudik naik motor. Jangan buru-buru menyalahkan motor Anda, bisa jadi Andalah yang kurang merawat motor / service motor. So tak ada salahnya mengintip tips merawat motor / services motor berikut!

Cek Kondisi Oli

Oli mesin ini sangat penting peranannya untuk melumas komponen-komponen mesin motor, seperti stang seher, seher, dan ring seher, kruk as dan noken as atau stang klep. Jika keberadaan minyak pelumas / oli motor sudah berwarna kehitam-hitaman atau kelenturan daya lumas aki motor berkurang, maka sebaiknya diganti. Ganti oli motor secara berkala dan gunakan sesuai dengan rekomendasi pabrikan dalam merawat motor / service motor.

Cek Kondisi Aki

Jangan biarkan air aki motor melewati batas maksimum dan minimum yang akibatnya bisa mempercepat kerusakan pada sel-sel accu. Tambahkan aki pada pagi hari.

Jangan biarkan baterai atau aki motor yang sudah mulai melemah, segeralah menggantinya, bukan hal baik jika anda tetap memaksa menggunakannya. Jika tetap dipaksakan kedua kutub positif dan negatif pada aki motor akan mengeluarkan korosi (serbuk putih) yang akan menjalar ke bagian kabel-kabel utama yang menghubungkan arus listrik ke saluran lampu, dinamo, atau bagian-bagian (sparepart motor) lainnya.

Jika memang mesin motor anda mengalami hal tersebut, arus listrik yang dihantarkan baterai atau accu tidak sempurna akan menyebabkan kerusakan pada komponen dinamo, kontak mesin motor maupun switch lampu. Satu hal yang perlu diperhatikan jika accu sudah lemah atau tidak mampu di starter dan distarter, jangan memaksa mendorong sepeda motor untuk menghidupkannya sebab hanya akan merusak gigi transmisi.

Periksa Rantai dan Gir

Jangan biarkan rantai motor terlalu kendor, atau terlalu kencang. Terlalu kendor bisa membuat rantai copot dari girnya, sementara terlalu kencang bisa mengakibatkan putus rantai motor. Cek juga kondisi gir, jika sudah tajam segera ganti karena jika tidak rantai bisa tiba-tiba putus. Bahaya kan, kalo lagi ngebut tiba-tiba putus rantai motor ?

Periksa Kabel Koil dan Busi

Perhatikan keberadaan kabel koil yang menghubungkan arus listrik ke busi. Cepat ganti kabel yang kelihatannya sudah cukup umur dan banyak terlihat keretakan dan pengerasan pada kabel. Jangan lupa perhatikan keberadaan busi karena busi sangat vital untuk kelancaran sebuah mesin kendaraan.

Perhatikan Selang Bensin

Selang bensin ke karburator juga merupakanm komponen yang layak diperhatikan. Jangan membiarkan kondisi selang bensin mengeras atau terjadi retakan-retakan, karena bagian dalam selang bisa jadi sudah tidak elastis dan mengakibatkan serbuk kotoran yang berasal dari selang terbawa ke karburator. Pada akhirnya akan terjadi penyumbatan suplai bensin dari tanki ke karburator sehingga mengganggu sistem pembakaran.

Panaskan Mesin paling lama 2 Menit

Panaskan mesin sebelum motor dijalankan, tak perlu lama-lama cukup 1-2 menit agar sirkulasi oli bisa melumasi seluruh bagian dalam mesin yang bergerak. Jangan terlalu lama memanaskan karena akan membuat pipa knalpot menguning selain itu Anda pasti tak mau buang-buang bensin khan?.

Periksa tekanan angin ban

Jangan terlalu keras dan juga jangan kurang karena bisa berakibat kembang ban motor rusak.

Gunakan Selalu Sparepart Motor Asli

Lebih baik mahal sedikit, tapi puas dan tahan lama daripada memakai sparepart motor yang tidak asli, meski murah tapi tapi daya tahan kurang.

perwawatan mesin baru

cara inreyen yang baik versi saya:
1. setiap pagi dipanas kan atau sebelum jalan dipanaskan minimal 5 menit agar oli melumasi seluruh bagian mesin karena mesin masih baru.
2. dari baru hingga jalan 500km,jangan pernah gas lebih dari 1/2 putaran karena parts mesin kan masih baru dari pabrik dan butuh penyesuaian untuk jalan sehari-hari. kalo langsung gas kenceng maka bisa rontok dan gak awet sampe bertahun-tahun
3. kalo sudah 500km ganti oli dan filter oli mesin yang baru agar serpihan material yang aus dari mesin baru ikut terbuang sehingga mesin tetap bersih.
4. mulai 500km sampai 2000km boleh lah gas sampe 3/4 putaran. jangan gas pol karena mesin masih butuh penyesuaian.
5. kalo udah 2000km ganti lagi oli mesin baru dan boleh deh dibawa ngebut alias gas pol. tapi jangan sering-sering supaya motor awet.
oya,kalo inreyen jangan bawa beban yang berlebihan agar mesin motor nggak kaget nariknya,

jangan lupa ikuti pentunjuk buku servis dari merk motor anda.
ganti oli paling lama tiap 2000km dengan oli bermutu dan servis rutin juga tiap 2000km serta pake bahan bakar yang bermutu.(kalo saya ganti oli tiap 1000km dan servis tiap 2000km)

Selasa, 27 Oktober 2009

Selasa, 20 Oktober 2009

Modification

YAMAHA FAZER 250 CC SPECIFICATION

YAMAHA FAZER 250 CC BLACK COLORyamaha fazer 250 cc on Blue ColorSpecifications Fazer 250Fazer-capacity 249cc, 4 Stroke, SOHC, 1 cylinder, 2 valves. 9.8:1 compression ratio achieved with the power generated reached 21 PS at 7500 RPM. The maximum torque...
READ MORE - YAMAHA FAZER 250 CC SPECIFICATION

YAMAHA BYSON 2010 SPECS

red color variant of yamaha byson 2010 will launching 2010 in indonesia, yamaha byson will change popularity of yamaha scorpio. yamaha byson have sporty body like moto gp or MOGE. so YAMAHA BYSON BLACK COLORshape when viewed from yamaha byson has a...
READ MORE - YAMAHA BYSON 2010 SPECS

MODIF YAMAHA VEGA GARANG DENGAN COMBINASI WARNA

Modifications yamaha vega simple (fashion) can produce a good display. The key, harmony. Between the display, modification, and must be solid colors. For example, Yamaha Vega-R results from garapan Custom World (CW).Johny Lipurnomo, owner of CW, return...
READ MORE - MODIF YAMAHA VEGA GARANG DENGAN COMBINASI WARNA

YAMAHA MIO NEW STRIPING 2009

Striping in the form of new yamaha Mio Soul is a solid flame with a dynamic color combination or dynamic color. result, the motor matic in the passion of young people now appear more sporty, dynamic and expressive. "This new view can be expected to provide...
READ MORE - YAMAHA MIO NEW STRIPING 2009

MODIFIKASI SUZUKI SPIN 2009

modifications suzuki spin this is the year 2009 with the concept modif x-treme where modifications in the contest, suzuki spin must in the form of modifications have a very good and the jury could draw attention to the modifications in the contest....
READ MORE - MODIFIKASI SUZUKI SPIN 2009

Senin, 05 Oktober 2009

bearing

Gara-gara keseringan gaul di bengkel korek, eh ikut-ikutan minta ke mekanik dipasang laher high speed di mesin. Katanya sih bisa bikin putaran mesin tambah enteng digeber. Padahal boro-boro turun balap, dinaikin buat harian juga jarang ngebut. Istilah kata, jadi mubazir beli bearing racing yang harganya bisa 4 kali lipat dibanding yang biasa. Apalagi usia pakai laher yang berkode C4 atau C5 ini bisa nggak seawet yang biasa.

Bearing high speed lebih gampang oblak karena clearence-nya lebih gede ketimbang yang biasa," ujar Zainuddin, bos Eka Jaya Motor di Kampung Anyar Raya, No. 55A, Jelambar, Jakarta Barat.
Yang dibilang Bang Jay pas dengan omongan Priyono, doi adalah Head of OEM & Bussines Development PT SKF Indonesia. "Mesti dilihat dulu spek standarnya karena kalau laher bawaannya jenis biasa sebaiknya jangan naik spek terlalu tinggi," ujar Pak Pri.
Maksudnya gini, kalau bearing aslinya jenis normal, maka pasang laher jenis C3 sudah cukup. Kalau dipaksa hingga ke C4 atau C5, pas putaran tinggi dan panas nggak semua bola-bola yang memuai menempel ke rumah laher akibat clearance yang tinggi. Lama kelamaan bearing cepat oblak karena nggak semua bola-bola menapak ke alurnya

"Perkecualian untuk Honda Karisma yang laher kruk- asnya sudah dirancang memakai C5. Sebab semua komponen seperti kruk as dan crankcase dibikin dengan clearance rapat," lanjut pria ramah yang ngantor di Jl. Tipar-Inspeksi Cakung Drain, Cakung Barat, Jakarta Timur.
Makanya buat Yamaha Jupiter-Z korekan road race, Bang Jay pede aja pasang laher kruk as jenis C3. "Sudah cukup koq, lagian lebih awet, kalau pakai C5 tiga kali balap minta ganti bearing baru," ujar pria berbadan gemuk ini.Belum lagi nggak semua nomor laher tersedia versi C5. Jadi balik ke kebutuhan kalau memang pede ikut balap, monggo pakai C5. Untuk harian, bearing C3 sudah lebih dari cukup. YongkY

HARAM TERAPKAN LAHER ASAL
Gara-gara duit di kantung pas-pasan, terus nekat beli laher sembarangan. Itu tuh bearing asal Cungkuok yang banderolnya separuh dari laher Jepang atau Eropa. "Mending jangan deh kalau untuk motor sendiri, nggak bakal awet untuk harian, mending mahal dikit tapi tahan lama," kilah Bang Jay.

Maklum untuk menekan harga, segala cara ditempuh. "Biasanya memakai baja berkualitas rendah, nggak pakai proses pengerasan khusus dan pengerjaannya asal-asalan," tambah Pak Pri.

Coba hitung, kalau pakai laher merek abal-abal usianya nggak bakal lewat 6 bulan. Bandingkan bearing asli macam SKF, FAG, NTN, Nachi, Koyo dan lainnya yang bisa tembus dua tahun. Lebih hemat kan!

Minggu, 04 Oktober 2009

agar satria FU 150 anda bertenaga lbih knceng dari standardnya

Bagi yang masih penasaran pengin tenaga Suzuki Satria F-150 lebih tinggi lagi, bisa terapkan doping tambahan. Caranya memperbesar pemasukan campuran bensin-udara yang masuk silinder. Bisa pasang karbu gede, kem durasi lama dan lift tinggi.

Karburator standar menggunakan sistem vakum. Suplai bensin kurang responsif lantaran menunggu kevakuman dari mesin. Ukuran venturi juga hanya 26 mm. Pilot-jet 12,5 dan main-jet 110.
Jika mau pakai karbu yang lebih gede, bisa menggunakan Keihin PE 28. Tujuannya bukan saja mendongkrak power. Tarikan mesin lebih responsif lantaran menganut model skep yang langsung ditarik kabel gas. Tidak seperti standar F-150 model vakum, yang jauh lebih lambat.

Namun penggunaan karbu PE 28 ini harus seting spuyer. “Jika masih pakai spuyer bawaan PE 28 akan ngok di putaran atas lantaran kegedean,” jadi Untuk itu spuyer harus diseting ulang sesuai kemauan mesin, pilot-jet pasang ukuran 42 yang memang bawaan PE 28.
Sementara main-jet harus diganti. Bawaan PE 28 kegedean, yaitu 152. pasnya pakai yang 120. “Bentuknya seperti main-jet punya Honda Tiger,” .
Penjelasan, jika susah mencari main-jet Tiger yang asli, bisa ambil merek Extreme.lumayan lebih akurat dari merek lain.

Jangan lupa setelan udaranya harus diatur ulang. Sudah menggunakan knalpot racing, setelan 2 putar balik setelah diseting mentok.
Namun jika sudah menggunakan kem racing biasanya spuyer harus diseting ulang. Kalau pakai kem Kawahara, anehnya spuyer minta diturunkan. Misalkan asalnya pilot-jet 42 dan main-jet 120 harus diganti pakai yang lebih kecil. Sekitar 1 step.
Mau lebih sip lagi, perbesar kompresi. “Caranya gampang. Paking kepala silinder asli ada 3 lapis, tinggal dikurangi. kompresi dipastikan sudah lumayan naik,”

amis, 2009 Agustus 06

korekan balap mio

Korek mio Soul buat balap 150 cc

""Arie Ocktane, pembalap tim Conection ini berhasil raih gelar tertinggi kelas 150 cc Open. Tentu di ajang Pertamax Plus BRT Indotire Matic Race & Party (PPBIMRP) 2009 seri II di Bandung, Jawa Barat. Nyabetnya, bersama Yamaha Mio Soul kelir putih yang punya nomor start 234 ini.""

Rahasianya,:seting Soul dibuat bermain di rasio kompresi 13,5 : 1.

“Yup. Kompresi itu disesuaikan bahan bakar yang wajib dipakai. Yaitu, Pertamax Plus. Kalau kompresi terlalu tinggi, takutnya malah nggak pas,”.

Untuk menerapkan kompresi ini, ada beberapa langkah yang harus dilakukan Agar mantap bermain di kelas 150 cc, maka harus memakai liner alias boring baru agar bisa pake piston diameter 57,25 mm merek FIM BRT.

Tanpa menaikan langkah piston alias stroke, dengan pakai piston ini saja kapasitas bengkak jadi 148 cc. Mantapnya lagi dengan konfigurasi ini, mesin jadi hampir square tuh.

Pastinya, permainan power bawah dan atas bisa lebih dimaksimalkan lagi tuh. Begitu gas dibuka, tenaga meluncur dari putaran bawah hingga atas secara mulus dan merata.

Balik lagi ke kompresi! Piston yang sudah mengadopsi bentuk dome alias kubah tinggi ini, tak langsung dipasang. Ada penyesuaian yang musti dilakukan.

“Untuk bagian dome dipapas sekitar 1,2 mm. Tujuannya untuk menurunkan kompresi. Kalau tidak, kompresi bisa main di 14 : 1 lebih,” kalau kepala silinder tidak mengalami papasan.

Buat temani gebukan besar dari piston 57,25 mm, klep isap dan buang dipilih ukuran 27 mm (in) dan 23 mm (out). Buat menentukan kapan buka-tutup klep itu, dipercayakan pada noken as Kawahara tipe K2.

“Kem tidak ada yang diubah, langsung pasang aja. Untuk klep in, main di durasi 300º. Sedang out, main di durasi 297º”

Mantab!

DATA MODIFIKASI

CDI : BRT
Karburator : Mikuni 24 mm
Main/pilot jet : 135/25
piston :57,25 mm merek FIM BRT.
noken as : Kawahara tipe K2.

penanggulangan knalpot biar ga nembak...

Cara menanggulangi agar knalpot ga nembak nembak pada mio soul/matic



Untuk menanggulangi mufler nembak pada mio soul ada beberapa hal yang perlu diperiksa diantaranya:

  1. naikan setelan campuran sesuai yang diinginkan dari motor tsb.
  2. periksa tuas cuk kadang ngebuka /lupa nutup setelah menggunakan cuk sehingga bahan bakar menjasi boros dan mengakibatkan motor nembak pada saat tuas gas dilepas.
  3. periksa filter udara kemungkinan ada endapan kotoran di kasa filter tsb kemudian bersihkan dengan angin bertekanan.
  4. periksa ketinggian pelampung apakah sesuai standar atau tidak.
  5. jangan lupa periksa saluran /slang ais ditakutkan adanya kebocoran atau adanya saluran yang lepas disaluran tsb .
  6. selamat mencoba pasti sip lah.

Tune Up motor 2 tak

Basic 2 stroke Tuning


Merubah tenaga dari mesin 2 tak sesungguhnya sangat simple ketika kamu mengetahui teknik dasar mesin 2 tak. Kebanyakan kesalahan adalah memilih kombinasi yang kurang pas dari komponen mesin sehingga mesin justru berlari lebih parah dari standardnya, pernah mengalami? Karena memodifikasi mesin 2 tak memerlukan tidak hanya budget yang besar dalam pendanaan melainkan juga strategi modifikasi. Seperti kutipan graham bell pada halaman pertama buku TWO-STROKE PERFORMANCE TUNING karangannya, modifikasi dan pengerjaan yang terlalu berlebihan ( bore up , porting terlalu lebar / tinggi ) bisa jadi justru menyakitkan karena hasil yang jauh dari harapan. Namun pengerjaan sederhana, berhati-hati, dan menunda untuk modifikasi extreme belakangan bisa jadi adalah kunci kinerja mesin 2 tak.
SIKLUS MESIN 2 TAK

SIKLUS MESIN 2 TAK

PRINSIP KERJA 2 TAK

Meski mesin 2 tak terlihat lebih simple dari mesin 4 tak, dengan komponen yang sangat sedikit, hanya piston didalam silinder, namun sesungguhnya mesin 2 tak sangat komplex dalam kalkulasi : utamanya memanfaatkan dinamika gerak gas dalam mesin untuk menghasilkan tenaga. Ada fase-fase berbeda yang sangat berpengaruh didalam crankcase maupun didalam blok cylinder pada waktu bersamaan, sehingga mesin 2 tak mampu bekerja lebih efisien (hanya cukup 360 derajat putaran kruk as, dibanding 720 derajat putaran kruk as oleh mesin 4 tak) inilah yang menyebabkan ledakan tenaga mesin 2 tak terasa menyengat dibanding 4 tak. Rahasia tenaga mesin 2 tak adalah pengaturan kompresi primer dan sekunder didalam mesin.

Inilah mengapa seringkali kita menyarankan pada rat rider kalau ingin mengirim mesin untuk dikerjakan sebaiknya seluruh mesin atau motornya dipaketkan sekalian, karena tidak cukup hanya modifikasi blok atau head saja. Mari kita amati cara kerja mesin 2 tak dalam sisi dinamika gas :

1) Awal mula piston berada pada titik mati atas (TMA , nol derajat kruk as) bunga api mulai meletik dan gas dalam ruang bakar menyebar dan mendorong piston turun sebagai awal langkah usaha. Gaya dorong piston ini menekan gas ke dalam crankcase hingga menyebabkan petal terbuka. Kompresi pada kruk as tersebut penting untuk menimbulkan kekuatan hisap pada reed valve, apalagi dibantu membran seperti v-Force dengan banyak katub buluh sehingga meski kompresi rendah campuran gas segar sudah dapat dengan mudah masuk. Pada sudut 90 derajat kruk as, dan piston berada dalam akselerasi negatif maksimum, porting exhaust terbuka sebagai tanda berakhirnya langkah usaha. Gas panas akan terbuang dengan sendirinya keluar ke knalpot. Kompresi pada kruk as mulai melemah saat porting transfer mulai terbuka. Tekanan dalam silinder harus diturunkan lebih rendah dari tekanan pada crankcase dengan tujuan agar gas yang tidak terbakar dapat keluar dari transfer ports selama masa pembilasan.

2) Transfer port terbuka sekitar 120 derajat sebelum titik mati bawah (TMB). Pembilasan dimulai. Artinya gas segar keluar dari porting transfer dan menyatu untuk membentuk sebuah siklus. Gas akan bergerak ke atas menuju belakang silinder dan berputar terus membilas sisa gas pembakaran dari proses power stroke. Penting bahwa sisa gas pembakaran harus dibuang sempurna, untuk membuka ruangan bagi campuran udara segar ke dalam ruang bakar. Itu adalah kunci membuat tenaga besar pada mesin dua tak. Semakin banyak gas segar yang mampu di kompresi pada kubah pembakaran = semakin besar tenaga tercipta!

Sekarang gas segar juga turut terbuang hingga bagian header pada knalpot. Tapi gas segar ini tidak akan lolos begitu saja karena gelombang tekanan kompresi mempunyai pantulan dari desain ujung pipa knalpot yang baik, untuk membawa paket gas segar kembali ke dalam silinder sebelum piston menutup seluruh lubang porting. Inilah keunikan dari efek SUPER CHARGE pada mesin 2 tak. Dari sini terlihat betapa pentingnya desain knalpot 2 tak, perhitungan matang untuk mengurangi trial n error sangat dibutuhkan. Keunggulan utama dari mesin 2 tak adalah bahwa mereka mampu membakar lebih banyak udara/bahan-bakar dibandingkan kapasitas mesin yang terhitung melalui kalkulasi. Sebuah contoh : Mesin 4 tak 125 cc sesungguhnya mungkin hanya mampu membakar 110 cc campuran udara/bahan-bakar dalam silinder, dengan efisiensi pabrikan 88 % (kemungkinan lebih rendah dari itu) sedangkan mesin 2 tak 125 cc standard kemungkinan bisa membakar 180cc campuran udara-bahan bakar didalam silinder. Mampu melihat bedanya? Bisa membuat gambaran bagaimana merancang mesin 4 tak agar mampu melawan mesin motor 2 tak?

porting 2 tak

porting 2 tak

3) Kini kruk as telah berputah melewati titik mati bawah (180 derajat) dan piston memulai langkah upstroke. Gelombang kompresi yang memantul dari pipa knalpot membawa gas segar kembali melewati exhaust port (kini juga berfungsi menjadi inlet port bukan?) seiring piston menutup seluruh porting maka kompresi dimulai. Di dalam kruk as, tekanan menjadi lebih rendah dari tekanan atmosfer, menimbulkan kevakuman dan hisapan ini akan mebuka katub buluh dan memasukkan gas segar ke dalam crankcase.

4) Gas yang tidak terbakar akan tertekan dan beberapa saat sebelum piston meraih TMA, sistem pengapian akan meletikkan bunga api dan memulai proses pengapian. Dan siklus akan terus berulang.

Pelajari bagaimana proses dasar mesin 2 tak bekerja. Kapan porting mulai terbuka dan tertutup dalam durasi derajat kruk as, niscaya modifikasi kita akan berada pada jalan yang tepat.

PORTING

Porting dalam silinder didesain oleh para insinyur untuk menciptakan tenaga dalam rentang RPM tertentu sehingga menghasilkan karakter mesin tersendiri. Mengurangi metal dalam porting (exhaust dan transfer) berarti merubah durasi, luasan area, volume, serta sudut porting dengan tujuan untuk menentukan rentang tenaga sesuai kondisi trak dan karakter pengemudi. Sebagai contoh, mengendarai RM250 pada pegunungan berbatu perlu penyetelan agar tenaga lebih berisi pada putaran bawah – menengah karena mendaki lembah dan kelembaban udara pegunungan. Bagaimana kita mampu memodifikasi sebuah mesin? Sebelumnya kita harus mendapat sebanyak mungkin data dan informasi tentang karakteristik mesin standard pabrikannya. Kalkulasi ini penting ketika menyangkut PORTING – LUASAN AREA – DURASI. Ukuran area porting dan durasi berhubungan dengan kapasitas mesin dan RPM (mirip durasi noken as bukan?) Kemudahan kita memahami mesin 4 tak akan membawa kita pada pemahaman lebih dalam pada dinamika mesin 2 tak. Mudah untuk membuat 2 tak kencang, lebih mudah membuat mesin 2 tak lambat. Dan perlu kalkulasi mendalam untuk menciptakan mesin 2 tak yang Sangat Kencang!.

CYLINDER HEAD

Cylinder heads bisa dibentuk ulang untuk menciptakan karakter mesin. Head dengan diameter kecil dan ruang bakar yang dalam, serta squish lebar ( 60% dari area boring ) Dikombinasi dengan rasio kompresi 9 : 1 akan sangat pas dengan karakter mesin motorcross. Serta beberapa kombinasi lain akan memunculkan karakter mesi yang berbeda. Squish lebar dengan kompresi tinggi akan menciptakan turbulensi gas dalam ruang bakar. Diukur dalam satuan Maximum Squish Velocity, dalam satuan meter per detil. Supercross engine harus memiliki MSV sekitar 28 m/s. Perlu software khusus untuk menghitung MSV. Dalam buku graham bell, ada patokan tersendiri untuk menentukan karakter mesin (power band – RPM range).

CARBURETOR

Karburator pada mesin 2 tak adalah nyawa setelah modifikasi porting dan pengaturan kompresi. Karena durasi porting akan mempengaruhi puncak RPM mesin maka venturi karburator yang pas harus dilakukan dengan hati-hati. Secara umum, karburator kecil memiliki velocity tinggi dan cocok untuk karakter mesin yang mengandalkan torsi , dan tenaga pada RPM menengah. Untuk mesin 2 tak 125 cc, karburator dengan venturi 34mm akan cocok untuk berlomba pada supercross yang membutuhkan tautan-tautan torsi menuju power sangat cepat. Karburator 36 mm akan bekerja untuk yang membutuhkan speed.

REED VALVE

Membran! Sudah kami bahas panjang lebar tentang pentingnya klep pada motor 2 tak ini. Berpikirlah membran ini seperti klep pada mesin 4 tak. Semakin besar klep dengan luasan area yang lebar akan sangat bermanfaat untuk diperas tenaganya pada putaran mesin tinggi. Membran dengan lidah berjumlah 6 atau lebih akan menjadi pemimpin di lomba, disaat mesin dengan katub buluh berjumlah 2 atau 4 kehabisan nafas.

Ada 3 faktor penentu dalam pemilihan mebran : Sudut petal, Material petal, Ketipisan katub buluh. Rahasia tingkat tinggi ala mekanik internasional akan mudah kamu dapatkan pada membran buatan v-force, kala kita sudah kehabisan akal memodifikasi membran standard dengan main ganjal dan porting rumah membran. Material petal dari karbon kevlar yang sangat ringan akan membantu akselrasi hingga mensuplai di putaran tinggi. Pastikan mesin anda disokong perangkat isitimewa ini sebelum berlomba. Kekalahan akan terasa menyakitkan jika kita tidak mempersiapkan mesin pacuan kita dengan sempurna.

PIPA KNALPOT

Gelombang energi akan banyak dipasok dari hitungan dan desain knalpot yang tepat! Diameter, panjang, terutama 5 bagian utama dari pipa knalpot 2 tak akan menjadi daerah rawan untuk menciptakan tenaga pada RPM tertentu. Area itu adalah : Header, Difuser, Dwell, Baffle, dan Stinger. Secara umum, knalpot yang baik harus mampu menaikkan tenaga pada rpm lebih tinggi. Pastikan keseuaian silinder mesin dengan knalpot serta RPM yang akan sering dipakai sebelum memesan sebuah knalpot.

Exhaust tuning

Exhaust tuning

TIPS UNTUK BORE UP CYLINDER

Ketika kamu merubah kapasitas dalam silinder mesin, ada banyak faktor yang harus diperhatikan. Seperti : porting, rasio kompresi, jetting karburator, silencer dan timing pengapian. Ukuran dan durasi porting exhaust dan intake terbuka, berbanding dengan kapasitas mesin dan RPM. Ketika dinding liner digerus untuk memasukkan piston yang lebih besar, sadarkah bahwa transfer port akan berubah sudut, dan porting exhaust akan mengecil? Dan ketika kamu langsung saja melakukan hal ini, maka torsi pada RPM rendah akan melimpah, dan tenaga diputaran atas melemah.

Merubah sudut ruang bakar harus dilakuakan , serta rasio kubah dengan squish harus diatur ulang menyesuaikan diameter piston yang baru. Piston lebih besar berarti turbulensi lebih keras, sehingga squish harus dipersempit. Volume kubah ruang bakar harus diatur menyesuaikan kapasitas mesin yang baru. Atau mesin hanya akan terasa ’berhenti’ di putaran tinggi, berlari datar begitu saja. Bahkan lebih buruk akan timbul detonasi.

Sabtu, 03 Oktober 2009

Modifikasi Yamaha RX King

[Image: rx_king.jpg]
RX KING

Motor sport yang kencang, gesit dan lincah. Itulah karakter dari Yamaha RX-King yang begitu melegenda sebagai raja di kategori motor 2-tak. Kelebihan itu yang coba dipertahankan Koh Awi ketika memodifikasi agar tampilannya lebih macho dan futuristik.

Karena itu, seperti tangki bahan bakar oleh Budi Udin Fakkar dari Jatayu Motor Sport yang memodifikasi tetap dipertahankan keasliannya. Hanya, Budi menambahkan kaca kecil di sisi kiri tangki untuk memonitor persediaan bahan bakar. Trus, tutup bak kopling dibikin transparan. "Selain menambah keunikan, juga bisa memantau kekotoran oli," jelas Budi.

Keunikan lain dari RX-King tampak pada sistem kaki-kakinya yang dibuat lebih modern. Seperti sokbreker depan diubah model upside down dari Aprilia. Di bagian ini juga dipilih diameter as sok tidak terlalu lebar, hanya 40 mm, sehingga tidak merusak tema.

Sementara sistem suspensi belakang mengikuti desain dari Honda NSR 150 SP menganut single arm (pro arm) plus monosok. "Dengan kata lain, jadi lebih up to date tanpa menghilangkan ciri RX-King. Juga sesuai harapan customer," tambah Budi.

Kesan RX-King sebagai motor sport yang kencang diperkuat oleh Budi penggunaan knalpot racing. Lalu, desain tempat duduk yangtunggal dengan buritan lancip ala MotoGP. Dan tampilan kian gahar dengan memakai cat Spies Hecker dengan seri red Ferrari.

Cara Merawat Mesin Motor

Tips and Trik Merawat Mesin Sepeda Motor Setiap pengguna sepeda motor pasti berharap bisa mengendarainya untukjangka panjang. Untuk itu pemilik sepeda motor harus memperhatikanperawatan mesin karena kondisi mesin sepeda motor tergantung daripemeliharaan dan kebiasaan pemiliknya dalam mengendarai. So tak adasalahnya Anda cermati tips dan trik tentang merawat mesin sepeda motorberikut:
- Tanda-tanda kerusakan
Pada umumnya setiapkerusakan pasti akan terdapat tanda-tanda terlebih dahulu kecuali jikaterjadi hal-hal yang menyimpang misalnya kecelakaan. Untukmengantisipasinya maka perhatikan apabila ada gejala yang tidaknormal/tidak seperti biasanya pada sepeda motor Anda. Sikap demikianakan membantu dan memudahkan Anda untuk mendeteksi kerusakan lebih dini.
- Cermati kerusakan
Apabilaterjadi kerusakan mesin maka perbaikan tidak boleh ditunda lebih lamadengan kata lain harus segera diperbaiki. Namun ingat, jika Anda tidakpunya cukup keahlian jangan sekali-sekali membongkar dan memperbaikinyaseorang diri. Karena disamping buang waktu dan tenaga maka kerusakanbisa jadi akan tambah parah. Lebih baik segera Anda bawa ke bengkel.
- Kerusakan beruntun
Apabilasepeda motor Anda mengalami gejala kerusakan yang berturut-turut danlebih dari satu sebab maka cara yang paling tepat adalah periksalahbagian-bagian yang mudah dicapai terlebih dahulu satu per satu barukemudian ke bagian-bagian lain. Anda bisa membawanya ke bengkel denganketerangan yang lengkap jadi akan memudahkan mekanik nya untukmemperbaikinya.
- Kerusakan kecil
Apabila terjadikerusakan kecil di jalan seperti kerusakan pada mur, baut, kabel-kabel,kebocoran bensin/oli yang tidak memerlukan pembongkaran mesin yangruwet maka Anda bisa melakukan perbaikan sendiri. Akan tetapi jikakerusakan yang terjadi mengakibatkan patahnya komponen utama danmemerlukan pembongkaran mesin Anda harus membawanya ke bengkel service.
Nah, tak sulit bukan jika Anda mulai mencoba bersahabat dengankendaraan sendiri, semakin rajin merawat, tentu semakin sedikit biayayang bakal anda kelurkan.

Cara Merawat Motor

Cara Gampang Merawat Motor! Kalau motor sudah mulai rewel, paling nyebelin! apalagi bagi yang maumudik naik motor. Jangan buru-buru menyalahkan motor Anda, bisa jadiAndalah yang kurang merawat motor. So tak ada salahnya mengintip tipsmerawat motor berikut!
Cek Kondisi Oli
Oli mesin inisangat penting peranannya untuk melumas komponen-komponen mesin,seperti stang seher, seher, dan ring seher, kruk as dan noken as ataustang klep. Jika keberadaan minyak pelumas sudah berwarnakehitam-hitaman atau kelenturan daya lumasnya berkurang, maka sebaiknyadiganti. Ganti oli secara berkala dan gunakan sesuai dengan rekomendasipabrikan.
Cek Kondisi Aki
Jangan biarkan air accumelewati batas maksimum dan minimum yang akibatnya bisa mempercepatkerusakan pada sel-sel accu. Tambahkan aki pada pagi hari.
Janganbiarkan baterai atau accu yang sudah mulai melemah, segeralahmenggantinya, bukan hal baik jika anda tetap memaksa menggunakannya.Jika tetap dipaksakan kedua kutub positif dan negatif akan mengeluarkankorosi (serbuk putih) yang akan menjalar ke bagian kabel-kabel utamayang menghubungkan arus listrik ke saluran lampu, dinamo, ataubagian-bagian lainnya.
Jika memang motor anda mengalami haltersebut, arus listrik yang dihantarkan baterai atau accu tidaksempurna akan menyebabkan kerusakan pada komponen dinamo, kontak mesinmaupun switch lampu. Satu hal yang perlu diperhatikan jika accu sudahlemah atau tidak mampu di starter dan distarter, jangan memaksamendorong sepeda motor untuk menghidupkannya sebab hanya akan merusakgigi transmisi.
Periksa Rantai dan Gir
Janganbiarkan rantai terlalu kendor, atau terlalu kencang. Terlalu kendorbisa membuat rantai copot dari girnya, sementara terlalu kencang bisamengakibatkan putus rantai. Cek juga kondisi gir, jika sudah tajamsegera ganti karena jika tidak rantai bisa tiba-tiba putus. Bahaya kan,kalo lagi ngebut tiba-tiba putus rantai?
Periksa Kabel Koil dan Busi
Perhatikankeberadaan kabel koil yang menghubungkan arus listrik ke busi. Cepatganti kabel yang kelihatannya sudah cukup umur dan banyak terlihatkeretakan dan pengerasan pada kabel. Jangan lupa perhatikan keberadaanbusi karena busi sangat vital untuk kelancaran sebuah mesin kendaraan.
Perhatikan Selang Bensin
Selangbensin ke karburator juga merupakanm komponen yang layak diperhatikan.Jangan membiarkan kondisi selang bensin mengeras atau terjadiretakan-retakan, karena bagian dalam selang bisa jadi sudah tidakelastis dan mengakibatkan serbuk kotoran yang berasal dari selangterbawa ke karburator. Pada akhirnya akan terjadi penyumbatan suplaibensin dari tanki ke karburator sehingga mengganggu sistem pembakaran.
Panaskan Mesin paling lama 2 Menit
Panaskanmesin sebelum motor dijalankan, tak perlu lama-lama cukup 1-2 menitagar sirkulasi oli bisa melumasi seluruh bagian dalam mesin yangbergerak. Jangan terlalu lama memanaskan karena akan membuat pipaknalpot menguning selain itu Anda pasti tak mau buang-buang bensinkhan?.
Periksa tekanan angin ban
Jangan terlalu keras dan juga jangan kurang karena bisa berakibat kembang ban motor rusak.
Gunakan Selalu Sparepart Asli
Lebih baik mahal sedikit, tapi puas dan tahan lama daripada memakai yang tidak asli, meski murah tapi tapi daya tahan kurang.
So tidak sulit bukan, asal anda rajin merawat motor dengan benar pasti motor kesayangan Anda senatiasa tampil prima.

Knalpot Motor

Deteksi Asap Knalpot Motor 4-Tak Motor tipe 2-Tak ngebul? Itu biasa. Kan, oli sampingnya sekalian pelumas seher. Jadi ikut terbakar hawa bensin di ruang bakar. Lha, kalo terjadinya di 4-Tak? “Itu baru gak biasa,” ujar Supri pebengkel Fuji Motor (FJ) di Rempoa, Jaksel.

Itu pertanda ada yang gak beres di jeroan mesin. Gawaat..! “Tenang, gak perlu panik. Cukup cermati asap dari knalpot. Dari situ bakal ketauan bagian yang rusak,” jelas Javanese ini. Caranya?

Contoh jika asapnya warna hitam keabu-abuan, itu tandanya campuran bensin di karburator kekayaan. Tapi ini bukan kerusakan. Melainkan cuma salah seting karbu. Tapi kalo didiemin bisa nular ke part lain, misal busi cepat tewas.

[Image: asap_1.jpg] [Image: asap_2.jpg] [Image: asap_3.jpg]
Lain cerita bila asapnya warna putih seperti asap rokok (gbr.1). “Itu berarti ada oli mesin nyelonong ke ruang bakar. Akibatnya, oli itu ikut terbakar hawa bensin,” urai Supri.

Oli yang nyelinap tadi dapat memasuki daerah terlarang dikarenakan 2 sebab. Pertama, lemahnya kinerja ring seher (gbr.2) yang sudah tak sanggup nahan oli dari kruk as agar gak masuk ruang bakar.

Bila itu terjadi, silakan ganti ring seher. Tapi kalau kerusakan sudah parah, terpaksa harus mengeluarkan biaya lebih, untuk mengganti piston dengan ukuran lebih besar (oversize).

Sebab kedua, dikarenakan sil klep sudah kedaluarsa alias rusak (gbr.3). Salah satu indikasi yang membuat peranti mungil ini rusak karena kurangnya suplai oli ke bagian kepala silinder.

“Karena di sekitar sil miskin oli, part ini pun jadi gosong akibat bergesekan dengan klep secara terus-menerus,” jelas pria yang baru memiliki momongan ini. Mengatasinya, cukup ganti dengan sil baru seharga Rp 20 ribuan. “Dan ingat, selalu pastikan agar motor tidak kekurangan oli mesin,” . Oke Boss...

KLX250SF

KLX250SF, andalan baru Kawasaki selain Ninja [Image: klx250sf.jpg]


Kawasaki baru saja meluncurkan motor "dua alam" terbarunya kepada publik Amerika Serikat (AS). Diklaim sebagai perbaikan dari seri sebelumnya, KLX250SF menggunakan desain baru pada beberapa bagian.

Seperti dikutip dari Motorcycle.com, menyusul sukses KLX250S, kini Kawasaki memiliki andalan baru, yakni KLX250SF. Motor jalan raya yang juga mampu melewati trek kasar. Beberapa bagian pun mengalami re-design, termasuk mesin dan suspensi.

Meski masih menggunakan jeroan 249 cc DOHC, namun setelah dilakukan sejumlah tes, motor ini memiliki kekuatan 2,5 hp lebih baik, dari KLX250S. Dan tenaga ini bisa diraih pada putaran mesin 8.800 rpm.

Pada kaki-kaki, sejumlah perubahan juga dilakukan. Pelek kini menggunakan ukuran 17 inci, jarak motor dengan tanah juga makin diperpendek. Namun wheelbase-nya masih sama dengan tipe 250S, yakni 56,3 inci. Kombinasi perubahan ini diklaim Kawasaki guna meningkatkan stabilitas motor, baik saat digunakan di jalan aspal, maupun ketika menerjang trek berbatu atau tanah.

Pelek kemudian dipadu ban ukuran 110/70 di depan, dan 130/70 pada belakang. Lingkar roda ini disandingkan dengan rem cakram 300 mm dengan dua piston hydraulic kaliper di depan, dan rem cakram 240 mm di roda belakang.

Untuk urusan bodi, KLX250SF terlihat lebih ramping daripada KLX250S. Di pasar AS, Kawasaki KLX250SF ditawarkan seharga USD 5.299 (Rp60 juta-an). Namun harga ini jangan jadi patokan jika mau memboyong motor tersebut ke Tanah Air.

Satria FU 150 New

New Satria 150 dengan polesan Yoshimura [Image: satria.jpg]


Setelah lebih empat tahun bertahan dengan wajah yang sama, akhirnya PT Indomobil Niaga International (IMNI) Roda-2 memperkenalkan versi baru Suzuki Satria FU 150. Bebek supersport (gimmick marketing Suzuki menyebutnya: hyper underbone) ini diperkenalkan oleh Kenji Saito, Direktur Pemasaran IMNI, pada hari pertama pembukaan Jakarta Motorcycle Show, Sabtu (6/12).

Cukup menarik, komponen untuk mempergagah penampilan Satria ini diadopsi dari Yoshimura yang sudah sangat dikenal oleh para bikers di Tanah Air. Perubahan yang dilakukan Suzuki adalah mengganti model lampu depan dan fairing (tudung), panel instrumen (desain spidometer), ujung knalpot, rangka alumunium, dan behel atau pegangan belakang motor.

Kali ini, konsumen Indonesia cukup beruntung. Inilah model terbaru Satria yang hanya dipasarkan di tiga negara ASEAN dengan nama berbeda. Di Thailand diberi nama Raider, sedangkan di Filipina Dagger. Sayangnya, model ini muncul di saat krisis ekonomi mulai mencengkeram lebih dalam sebagian masyarakat atau konsumen motor kelas atas.

Satria vs Kompetitor - Dengan penampilan baru ini, harga Satria FU 150 pun melenjit. Berdasarkan informasi internal Suzuki, dalam dua bulan ini Satria sudah dua kali mengalami kenaikan harga. Terakhir, dengan anjloknya rupiah dan karena sebagian besar komponen Satria masih impor, kenaikkan harga pun mencapai Rp 800.000. Hasil akhir, saat diluncurkan, Suzuki membanderol Satria dengan harga Rp 17.890.000 (on the road di Jakarta dan sekitarnya).

Dibandingkan dengan kompetitor utamanya, yaitu Honda CS1, perbedaan harga hampir Rp 1 juta. Namun, Satria menang unggul untuk teknologi mesin, kapasitas dan tenaga yang dihasilkan. CS1 dipersenjatai Honda dengan mesin SOHC (single overhead camshaft) dengan kapasitas 125 cc, sedangkan Satria DOHC (double overhead camshaft).

Untuk tenaga, Satria masih unggul dengan kemampuan maksimum 16 PS @9.500 rpm, sedangkan CS1 12,8 PS @10.000 rpm. Kemampuan Satria menghasilkan torsi maksimum juga lebih baik, yaitu 1,27 kgf-m @8.500 rpm, sedangkan CS1 1,04 kgf-m @7.500 rpm.

Kompetitor lain Satria adalah Jupiter MX dengan mesin 135 cc yang saat ini versi paling mahal (cast wheel dan kopling otomatik) ditawarkan dengan harga Rp 15.050.000. Dari segi tenaga dan torsi Jupiter MX memang kalah. Tenaga maksimumnya 11,33PS @8.500 rpm dan torsi 1,165 kgfm @5.500 rpm.

Lampu Depan - Perubahan mencolok dari Satria adalah desain fairing dan lampu depan. Desain lampu depan mirip dengan Suzuki GSX-R600. Versi baru, lampu menggunakan bentuk mahkota dan di sampingnya lampu sein dengan mika transparan mirip kuping kelinci. Lampu ini dilengkapi dengan topi atau disebut juga "cowling" ber-garnish hitam. Topi lampu dipasang dengan cara menyekrupkannya pada fairing panel instrumen.

Panel Instrumen - Panel instrumen mengalami perubahan desain yang cukup berarti, meski posisi dan bentuk dasarnya sama dengan versi Satria terdahulu. Motif dasar bagian tengah panel instrumen kini dibuat seperti anyaman dinding bambu.

Takometer menggunakan model jarum dengan dasar instrumen putih berbentuk lingkaran. Di pinggir takometer diberi ornamen berlapiskan krom untuk memberi kesan sporty dan eksklusif. Versi lama, pinggiran takometernya berwarna hitam, sama dengan panel.

Bentuk angka dan ukuran juga berubah. Versi baru lebih besar (tentu saja makin mudah dibaca), sedangkan Satria lama menggunakan huruf reguler lama (italic atau miring). Instrumen lain dengan tayangan digital adalah spidometer, indikator bahan bakar, tripmeter, dan indikator mode "eco" dan "power". Angka-angkanya mudah dibaca karena menggunakan dasar oranye.

Kini motor supersport bebek ini dilengkapi dengan dua pilihan model mengendarai yang disebut Suzuki dengan S-DMS (Suzuki Drive Mode Switch), yaitu "eco" dan "power". Tombol mode itu ditempatkan di sisi kanan panel instrumen dan mudah dicapai pengendara saat melaju.

Perubahan lainnya adalah di bagian depan, yaitu segitiga setang yang kini dilapisi dengan silver (sebelumnya hitam), sedangkan di bagian belakang, perubahan pada ujung corong knalpot. Versi baru berbentu oval segitiga, khas Yoshimura. Di belakang, behel atau pegangan di belakang sadel tampil dengan penampilan baru. Begitu pula dengan rangka alminium baru dengan pelindung kaki di kanan dan kiri motor.

Modifikasi Yamaha Jupiter MX135LC

Modifikasi Yamaha Jupiter MX135LC berbodi pelat [Image: 145946p.jpg]


Seumpama merek dan lambang garputala dihapus, yakin Anda pasti nggak bisa menebak motor apa ini. Dari depan, tampilannya mirip belalang.

Sebagai clue, Yamaha Jupiter MX135LC keluaran 2007 dari Singkawang, Kalbar ini dilengkapi komponen dari dua merek kompetitornya. Trus, sebagian yang menutupi bodi bukan dari bahan fiberglass.

Urusan memodifikasi, seperti motor ini, memang jarang mengandalkan bahan fiberglass, layaknya digunakan pemodifikator. "Di sini banyak main pelat, fiber nggak laku," komentar A Liong, pemilik Jupiter MX.

Singkawang, Kalbar tempat mangkalnya seniman pelat. Termasuk MX 135 LC milik A Liong ini menggunakan bahan pelat setelab 0,4 mm. Tak heran, pembuatan bodi tak banyak tekukan yang tingkat kesulitannya tinggi. Lebih didominasi garis lurus, missal desain jok dan cover bodi belakang.

Menekuk atau membuat bodi pelat penuh lekukan lebih sulit ketimbang patah-patah seperti pada MX 135LC ini. Lagi pula, tidak semua dibuat dari pelat.

Seperti bagian tengah atau atas underbone masih mempertahankan cover aslinya. "Cuma dilapisi karbon supaya terkesan sporty.

Kaki-kaki, seperti bagian belakang mengadopsi dari Honda Tiger. "Masih jarang yang mengaplikasi punya Tiger ke bebak Yamaha," tegas A Liong. Maksud jarang dari A Liong itu untuk di Singkawang. Lantaran bentuk swing arm besar, tentu ada bagian yang harus dibubut, terutama dekat monosok.

Pengerjaan sudah rapi, sayang desain sepatbor kurang pas dengan ukuran roda yang besar. Kesannya masih kedodoran. Selain kaki-kaki, lampu depan juga dicomot dari merek lain, Honda Vario. "Tapi di custom lagi pada bagian rumah lampu supaya membingungkan," jelas pria yang suka mengoleksi majalah Jepang ini.

Produk Yamaha terbaru

FZ-160

[Image: yamaha-fz16-14.jpg]

Gosipnya nich YAMAHA akan mengelurkan varian terbarunya entah kapan akan di launching di Indonesia, katanya di india dah keluar nich 'Bison".
Desainnya mirip FZ-600 plus knalpot gemuk disamping dengan suspensi monoshock plus tangki besar(13 L) yang ciamik, semakin menunjukkan bahwa ini motor generasi terbaru yang akan menggantikan RX-King yang sudah tenggelam.
Walaupun performanya nggak terlalu besar(153 cc) tenaga FZ16o mampu menghasilkan tenaga sampai 14 hp pada 7500 rpm dan bisa menghasilkan torsi sebesar 13.9nm 6000rpm.
Dengan menggunakan ban 100/80 dan 140/80(lebih besar dari Ninja250R) motor ini semakin kelihatan kokoh dan pastilah anteng untuk dikendarai dan lagi dengan bahan bakar 40 : 1 saya rasa bisa dikategorikan irit.

Gosipnya akan dibandrol dengan kisaran harga 17.8 jt dibawah Vi-Xion

Siap-siap Indent Bro !!

Kamis, 01 Oktober 2009

Karburator

Karburator
Sebagai alat pengabut bahan bakar dan udara, karburator berperan penting dalam mendukung proses pembakaran. Makanya fungsi dan pemanfaatannya masih terus diandalkan. Bahkan tak cuma model, ukuran pun terus dikembangkan.

Makanya ada yang disebut karbu non-vakum, vakum dan sistem injeksi. Nah, untuk dua tipe yang disebut terakhir kurang diminati para penggila kecepatan. Karena kurang responsif dari segi akselerasi.

Tipe favorit yang murmer dan sering diterapkan bagi pembesut bebek dan matik yaitu karbu Yamaha RX-King. Selain harganya pas di kantong, juga diameter ukuran lubang venturinya lebih besar untuk motor 150 cc ke bawah. Lumayan galak deh entakkannya.

Kalau punya uang lebih, umumnya pakai tipe karbu impor seperti Koso, Mikuni, Sudco dan Keihin. Bentuk dan ukuran besar venturinya bervariatif, mulai 24 mm hingga 40 mm. Untuk tipe 40 mm ke atas biasa digunakan pada crosser. Sebenarnya, karbu standar non-vakum juga cukup responsif jika di-reamer dan dimainkan pilot plus main jet-nya.

Intake Manifold
Biasa dibilang leher angsa. Yakni, penghubung antara karbu dengan ruang bakar. Lewat peranti ini, mekanik bisa menyetting arah karburator. Lihat di ajang road race maupun drag bike, ada yang mengarah ke samping, nyerong atau ke belakang. Katanya sih, itu bisa menentukan performa!

Di pasaran komponen ini banyak beredar, ada KTC, Koso dan lainnya dari Thailand. Tugas intake demi melancarkan proses pengabutan tadi ke silinder jadi lebih cepat, Eitsss.... jangan biarkan karbu tanpa filter ya bro, bukannya apa-apa peranti pengabut bisa kemasukan debu atau pasir. Bisa jebol tuh dapur pacu kalo material itu sampai tersedot ke ruang bakar.

Efek lainnya, settingan spuyer juga susah. Saat posisi diam, permintaan campuran udara dan bensin seimbang. Beda saat motor bergerak, angin dari depan lebih deras masuk ke karbu. Pembakaran kurang sempurna. Intinya, paling aman arahkan manifold ke samping atau agak nyerong ke belakang. Udara yang masuk sesuai permintaan mesin. Pembakaran terlalu kering atau basah gampang dikoreksi.

Kesimpulannya, sah-sah aja pakai karbu dan manifold racing jika memang digunakan untuk lintasan sirkuit. Tapi kalau untuk harian, BBM motor Anda akan lebih boros, juga isi kantong ikut terkuras. Apalagi kalo tidak didukung part lain.

kendala karburator

Kendala Karburator



Pemecahan masalah pada karburator adalah hal yang sederhana selama mengetahui prinsip dasar kerja karburator. Langkah pertama adalah menemukan bagian mesin mana yang kerjanya berat, . Harus di ingat bahwa setingan karburator dibedakan oleh posisi bukaan gas, bukan kecepatan mesin (RPM). Jika mesin mengalami masalah pada RPM rendah (dari idle/langsam hingga 1/4 bukaan gas), sepertinya masalah terletak Sistem Pilot atau katub gasnya. Jika mesin bermasalah diantara 1/4 hingga 3/4 bukaan gas, berarti jet needle dan needle jet (umumnya cenderung jet needle) yang bermasalah. Namun jika mesin kurang responsif berakselerasi pada bukaan gas 3/4 hingga bukaan penuh, berarti main jetnya yang bermasalah.





Saat akan menyetel karburator, letakkan selembar kertas/isolasi kertas di rumah grip gas. Dan letakkan selembar lagi di grip gas nya. Dan gambar sebuah garis (manakala posisi gas pada posisi langsam/idle) lurus menyilang dari kertas satu kekertas lainnya. Saat 2 garis terbentuk, mesin harus dalam keadaan idle. Sekarang buka gas penuh dan gambar satu garis secara lurur dari kertas tadi yg ada di rumah grip gas. Saat itu seharusnya ada 2 garis tergambar pada rumah grip gas, dan satunya lagi berada pada grip gas. Sekarang cari titik tengahnya antara kedua garis tadi (saat dari gas idle, hingga bukaan penuh). Buat tanda pada kertas itu yg menandakan separuh putaran (1/2 bukaan gas). Kemudian pecah lagi dalam beberapa bagian mulai dari idle, 1/4, 1/2, 3/4, dan bukaan penuh. Garis-garis ini akan digunakan untuk menentukan tepatnya bukaan gas secara cepat saat menyetel karburator.

Bersihkan filter udara dan panaskan motor. Lakukan akselerasi dengan memasukkan gigi hingga bukaan gas penuh (tanjakan yang landai adalah tempat yg terbaik untuk melakukan percobaan ini). Setelah beberapa detik motor belari dalam bukaan gas penuh, secara tiba-tiba tarik kopling dan matikan mesin (jangan sampai akselerasi mesin kembali idle atau malah turun hingga akselerasi berhenti). Lepaskan busi dan lihat warna pada busi. Seharusnya warna busi menjadi hitam muda atau keabu-abuan (lihat informasi mengenai warna busi). Jika berwarna putih, berarti campuran udara dan BBM terlalu miskin dan main jet yg harus terpasang adalah yg lebih besar ukurannya. Jika berwana hitam atau coklat tua, berarti campuran terlalu kaya, dan penggunaan main jet yg lebih kecil akan lebih baik. Saat melakukan penyetelan dan pergantian main jet, sebaiknya lakukan setahap demi setahap mulai dari satu ukuran hingga menemukan ukuran yang paling pas, dan jangan lupa selalu lakukan ujicoba degan menjalankan motor dan lihat warna busi setelah menjalankan motor.
Setelah mainjet di setel/diganti, jalankan motor dengan setengah bukaan gas dan cek warna busi lagi. Jika warnanya putih, berarti klip di jet needle harus di pasang lebih rendah agar campuran menjadi kaya. Dan jika busi berwarna coklat tua atau hitam, maka naikkan klip keposisi lebih tinggi agar campuran lebih miskin.
Sementara komponen Pilot dapat di sesuaikan saat motor berada dalam posisi idle dan kemudian di bawa jalan. Jika motor susah berakselerasi atau larinya berat setelah posisi idle di tentukan, maka skrup pilot cet dapat di putar ke dalam atau keluar untuk mendapatkan campuran udara/bbm yang ideal. Jika skrupnya terletak di belakang karburator, memutar skrup keluar akan membuat campuran menjadi miskin dan sebaliknya jika memutar ke dalam/masuk akan membuat campuran menjadi kaya. Jika menyetel skrup yang berada di depan karburator, maka langkahnya adalah kebalikan dari cara sebelumnya. Jika pemutaran skrup antara 1,2, hingga 2,5 putaran tidak menghasilkan efek apapun, maka pilot jet harus di ganti dengan ukuran yg lebih besar atau lebih kecil. Saat menyetel skrup pilot (udara) putar 1/4 putaran setiap sekali penyetelan kemudian lakukan uji dengan menjalankan motor setiap untuk setiap penyetelan. Setel komponen Pilot hingga motor berjalan normal dan ringan saat idle tanpa mesin menjadi berat atau terputus-putus.




Faktor pengoreksi juga bisa digunakan untuk menemukan setingan yang benar terhadap needle jet, jet needle,dan skrup udara. Gunakan tabel gambar 9 dan lihat faktor pengoreksinya. Kemudian gunakan table di bawah untuk menentukan apa yang harus di lakukan terhadap needle jet, jet needle, dan skrup udara.
TRIK MENGHINDARI RAZIA ATAU TILANG DARI OKNUM POLISI YG MATREALISTIS

Mungkin banyak para Kaskuser maupun Kasuserwati yg punya kendaraan roda dua baik baru maupun lama,tp belum memiliki surat-surat lengkap ataupun perlengkapan berkendara sehingga takut atau masih ragu-ragu untuk lewat jalan-jalan besar atau jalan raya. Sebab takut ditilang oleh PoLantas ataupun oknum-oknum polisi mata duitan. Berikut beberapa Tips dari saya jika kita ingin berkendara di jalan raya & lolos dari razia jalanan.

1. Putar Balik Arah, Bila kita sedang berkendara motor melihat sekitar 500 meter ada razia motor & kelengkapannya. Segera balik/putar arah cari jln alternatif lain yg bisa sampai ke tujuan kita. Ingat jgn sampai polisi curiga atau melihat kita putar arah secara mendadak. Mumpung masih jarak 500 meter segera putar arah.
2. Menyelip disebelah kanan Mobil/Truck, Cara ini anda lakukan jika tdk ada lg jalan lain utk menuju lokasi yg anda tuju selain melalui jalur razia tsb. Segera anda ambil ancang-ancang utk mengendarai motor anda di sela-sela atau di sebelah kanan mobil/Truck yg berukuran besar kalau bisa. Gunanya agar menghalangi pandangan polisi dan begitu berhasil segera anda laju motor anda secepat mungkin tp hati-hati. Untuk melakukan ini bisa di lakukan bila kondisi jalan yg di razia tidak terlalu macet.
3. Matikan Motor dan tuntun motor anda, Cara ini dapat anda lakukan pada jarak 400/300 Meter dari lokasi razia dan bila di sekitar lokasi tidak ada bengkel. Maksudnya anda berpura-pura kendaraan anda rusak atau mogok lalu anda menuntunnya sambil melewati lokasi razia. INGAT !! ANDA TIDAK BOLEH GUGUP ATAU MENCURIGAKAN. Tuntunlah motor anda dgn tenang sampai kira-kira anda merasa sudah aman dari razia. Lalu selanjutnya anda nyalakan dan pergi segera dari lokasi razia biar tidak dikejar.
4. Berpura-pura Menanyakan Arah, Untuk cara ini benar-benar dibutuhkan keberanian dan ketenangan ekspresi muka anda. Dekati salah satu polisi sebelum anda di suruh utk menepikan kendaraan anda. Segera anda berbasa-basi menanyakan arah jalan yg benar-benar terlihat jalan yg anda tuju bukan di daerah tsb. Dijamin polisi dgn senang hati menerangkan kepada anda, karena prinsip dasar polisi ialah mengayomi masyarakat. Begitu polisi selesai menerangkan jalan, segera ucapkan terima kasih dan pergi.
5. Selipkan Uang didalam plastik pembungkus STNK, Cara ini bisa anda lakukan jika anda memiliki STNK & nasib anda benar-benar apes jika terkena razia. Sebelumnya selalu selipkan uang 5000 atau 10000 rupiah pada plastik pembungkus STNK motor kita. Kalau perlu uang lembaran seribuan (atau dua ribuan baru). Begitu di minta menunjukkan STNK segera berikan STNK anda. Maka mau tidak mau polisi tsb akan melihat uang tsb. Jika beliau bertanya "ini uang apa?" atau "uang buat apa ?" segera jawab saja, kalau itu uang jaga-jaga buat tambal ban atau beli bensin. Tujuannya agar polisi itu berpikir ulang utk meminta uang tilang damai. Begitu polisi tsb menawarkan damai kpd anda(INGAT JGN ANDA YG MEMINTA DAMAI,TUNGGU POLISI YG MENAWARKAN KPD ANDA),sehigga ia tdk tega menilang dgn meminta uang yg besar. Jika ia meminta uang segera anda berikan saja uang yg ada pada STNK tsb. Dan lakukan sepintar-pintarnya anda dalam mendramatisir kalau hanya uang itu yg anda punya.


Semua cara diatas sudah pernah dilakukan oleh saya, teman-teman saya, maupun orang-orang yg sudah berpengalaman dlm menghindari razia. RAsio keberhasilan cara diatas sekitar 92%. Sisanya mengalami kegagalan bila 2% ada razia besar2an t'hadap curanmor, 2% jika razia dijaga ketat di kiri-kanan jalan oleh polisi, 2% jika saat razia anda terkena macet dan tak bisa kemana-mana, 2% keberuntungan dari TUHAN.

Kalaupun anda salah & ditilang biarlah anda menerimanya daripada damai dgn polisi tsb. Agar jiwa korupsi para oknum tsb tidak merajalela dan demi pemasukan bagi kas negara. Namun ada baiknya sebagai warga negara yg baik kita memiliki surat-surat dan perlengkapan dalam berkendaraan yg sesuai aturan. Guna kita terbebas dari razia tersebut ataupun tidak takut terkena razia. Jika ada oknum polisi yg mencari-cari kesalahan anda, padahal anda sudah sesuai aturan, segera laporkan kebagian pelayanan masyrakat di bidang lalulintas pd kantor polisi terdekat. Sebab demi menegakkan disiplin para polisi tersebut.

SELAMAT MENCOBA
Setting Mesin Yamaha Mio

2472mio-ffa-dvd-1.jpg"Karakter seting mesin Yamaha Mio ini menerapkan prinsip rolling speed. Cepat keluar dari tikungan. Caranya seting rasio kompresi 13,8 : 1. Karakter ini yang disukai M. Nurgianto,” jelas Yogi Suryo Sumunar, pemilik motor juga Yogi Speedshop di Jl. Kesehatan Raya, No. 3, Jakarta Selatan.

Hasilnya Nurgianto juara kelas FFA di ajang balap skubek seri II di Bandung, Jawa Barat. Seting dapur pacu skubek ini, memang dibuat sesuai karakter sang racer itu sendiri. Makanya Nurgianto yang membawa nama Kawahara Yogi SS Puma Racing Team ini, mampu berdiri di podium tertinggi!2473mio-ffa-dvd-2.jpg

Awalnya, nggak pasang target tinggi. Tapi setelah balap, kenyataannya melebihi target,” senang Yogi. Untuk seting skubek dengan kelir airbrush grafis macam motor contezt ini, Yogi berkoalisi dengan Ari Wibowo alias Black. Doi mekanik sekaligus owner ART Putra Mandiri yang bengkelnya ada di Jl. Panti Asuhan, Ceger, Pondok Aren, Tangerang, Banten.

Kompresi tinggi tercipta, lantaran papasan head alias kepala silinder sekitar 0,6 mm. Enggak terlalu ekstrem memang? Namun karena dipadu dengan volume silinder yang sudah bengkak.Hasilnya rasio kompresi melambung.

Untuk mengail volume silinder besar, “Stroke naik 5 mm lewat aplikasi kruk-as custom yang terapkan setang piston milik Yamaha RX-Z,” ungkap Yogi.

2474mio-ffa-dvd-3.jpgPakai setang itu, memungkinkan menggeser big end alias posisi pin di kruk-as. Karena pin setang piston RZ-Z lebih kecil, jadi mudah digeser jauh keluar. Dengan pindahnya lubang big end ini, naik-turun stroke bertambah menjadi 10 mm. Ya, langkah sekarang menjadi 67,9 mm.

Boleh dibilang naiknya stroke untuk turun di kelas bergengsi ini, sedikit lebih kecil ketimbang rival lainnya. Apalagi, piston hanya mengaplikasi milik Honda Tiger oversize 200 yang berdiameter 65,5 mm.

“Kalau dihitung-hitung, kapasitas mesin hanya 229 cc. Belum terlalu ekstrem,” timpal Black. Kondisi ini, tentunya putaran bawah skubek tidak bisa bicara banyak. Ya! Tak seperti skubek yang alami kenaikan stroke di atas 10 mm.

Tapi lagi-lagi, karena karakter Anto yang suka gantung gas dan rolling speed. Anto mampu menjaga mesin tetap dan mampu menghasilkan power kala masuk dan keluar tikungan.

Hasilnya Anto juara 1 seri 2 dan mendapatkan hadiah total sekitar Rp 5 juta. Selamat ya!

KEM PAPAS 1 MM
2475mio-ffa-dvd-4.jpg
Menemani kepala silinder yang hanya dipapas 0,6 mm, Ari dan Yogi memutuskan untuk memakai kombinasi payung klep milik Honda Tiger. Tak langsung pasang, tapi klep ini juga dimodifikasi diameter payung klepnya.

“Terutama untuk klep buang. Klep buang dibikin jadi 26 mm. Ya, dikecilkan agar tetap ada tendangan balik yang dibutuhkan di ruang bakar. Tenaga bawah tidak terlalu ngedrop,” kata Yogi. Lalu, untuk menekan rocker-arm mampu menonjok batang klep buang dan isap, dipercayakan ke noken-as Kawahara tipe racing only.

Oleh Ari alias Black, noken-as ini dipapas lagi satu mm. “Agar durasi kem sedikit lebih tinggi lagi. Maklum, butuh suplai lebih lama dan banyak agar tidak kekurangan suplai Pertamax Plus saat gas digantung,” ungkap Black yang selalu menebar senyuman. Awas kering! He..he..he...

|

SETING MOTOR 4 TAK

Untuk meningkatkan daya atau power mesin motor standart yang biasa disebut tune up, perlu diusahakan perubahan-perubahan pada beberapa hal :

  1. Meningkatkan / menaikkan perbandingan kompresi.
  2. Memperbaiki porting IN maupun EX supaya pemasukan bahan bakar menjadi lancar dan baik.
  3. Merubah durasi, Lift noken as.
  4. Mengubah pengapian (apabila dalam perlombaan diperbolehkan).
  5. Mengubah rasio dengan Close Rasio.
  6. Setting karburator.

KOMPRESI
Meningkatkan perbandingan kompresi (Compretion Ratio = CR) adalah cara awal yang ditempuh oleh para mekanik untuk meningkatkan power mesin. Namun demikian untuk meningkatkan perbandingan kompresi perlu diperhatikan beberapa faktor, antara lain :

  1. Bahan bakar yang digunakan.
  2. Kwalitas piston yang digunakan.

CARA MENAIKKAN KOMPRESI :

  1. Mengganti piston dengan model racing.
  2. Mendekatkan deck clearance.
  3. Membubut Head.
  4. Mengelas Head.
  5. Membubut Blok dan Piston.

CARA MENURUNKAN KOMPRESI :

  1. Merimer dome pada head.
  2. Memperdalam coakan klep pada piston.
  3. Membubut piston.

KEUNTUNGAN MENGGUNAKAN KOMPRESI TINGGI :

  1. Power mesin meningkat.
  2. Final gear menjadi berat.
  3. Power mesin terasa dari putaran bawah sampai atas.

KERUGIAN MENGGUNAKAN KOMPRESI TINGGI :

  1. Mesin menjadi cepat panas.
  2. Engine break menjadi besar dan kasar.
  3. Apabila perhitungan kompresi tidak tepat, sering terjadi detonasi.

Untuk mengetahui / menghitung perbandingan kompresi (CR) dari satu mesin, kita perlu mengetahui dulu volume silinder yang akan dikerjakan.

CONTOH PADA MESIN JUPITER Z O/S 100
Bore atau D : 52 mm = 5,2 Cm
Stroke 54 mm = 5,4 Cm
= 0,785 x 5,22 X 5,42
= 114,62 cc
≈ 115 cc

CONTOH PADA JUPITER Z O/S 100
Volume ruang bakar diukur dengan buret lewat busi adalah 14,55 c
Jadi Volume ruang bakar 14,55 cc – 0,7 cc = 13,85
( 0,7 cc adalah Volume Ruang Busi )

Cara menentukan berapa cc isi ruang bakar yang harus kita pakai pada perbandingan kompresi yang sudah kita tentukan.

Misalnya kita menginginkan perbandingan kompresi 1 : 14 berapa volume ruang bakarnya ?
Berarti apabila kita menginginkan perbandingan kompresi 1 : 14, isi ruang bakar harus 8,84cc.

PORTING
Maksud dari mengubah porting adalah usaha untuk meningkatkan atau memperbaiki efisiensi volumetric dengan mengoptimalkan aliran gas ke dalam ruang bakar.
Ada 3 faktor yang menentukan besarnya tenaga pada sebuah mesin :
1. Efisiensi mesin
yaitu seberapa dorongan pada piston yang dihasilkan oleh gaya putaran fly wheel.
2. Efisiensi thermal (panas)
yaitu seberapa banyak bahan bakar yang harus dibakar/ dipanaskan dalam silinder untuk mendorong piston turun menuju TMB secara efisien.
3. Efisiensi volumetric
yaitu membuat saluran / ukuran yang tepat untuk memompa gas secara optimal.

Macam Macam Bentuk Porting
Dalam modifikasi, Head usahakan agar tidak mendapat hambatan apapun, misalnya lubang intake dengan lubang manifold atas juga harus sama dengan joint / karet manifold, usahakan dalam merimer supaya tidak ada ruang yang menyudut.

memikirkan/mengetahui kelemahan/kekurangan motor

Disini ane mengundang bro/bra semua untuk share mengenai kelemahan/kekurangan motor2 anda (pada saat kondisi standard), kalau bisa sekalian solusi atau cara ngakalin menghilangkan kelemahan/kekurangan tersebut. Bagian mana aja boleh, ntah itu joknya yg keras, shocknya terlalu keras, tenaganya loyo (dibanding motor sekelasnya), remnya ngga pakem ...dll

Semoga apa2 yg di share disini bisa bermanfaat bagi kaskuser yg ingin membeli motor dan yg ingin mengatasi kelemahan/kekurangan motornya.

Kita lah yg tau kelemahan/kekurangan motor kita ... produsen ngga mungkin memberitahu kelemahan/kekurangan produknya pada konsumen, jangan terbuai oleh keunggulan2nya saja tanpa memikirkan/mengetahui kelemahan/kekurangan motor tersebut.

Ngga usah malu2 ... ngga usah ditutup2in, (minjem kata2 Om Iwan Fals: bicaralah yg lantang jangan hanya diam) sapa tau aja produsen motor anda lagi ngaskus eeeh baca trit ini, kan bisa jadi bahan pertimbangan mereka untuk memperbaiki kekurangan itu.


dimulai dari TS sendiri

Motor: Ninja KRR 07
1. Super KIPS nya suka nyangkut, solusinya ganti knalpot free-flow (racing) masalah ini teratasi.
2. Skep karbunya suka nyangkut ... solusinya lapisan teflonnya diamplas sampai hilang lapisan teflonnya, cara lain kerasin per skepnya.
3. Ban nya ngga mumpuni (kalo mau bawa rebah2 dikit ) pernah ampir jatoh soalnya gara2 ban belakang selip

Dulu pernah punya Honda Legenda, dibawa 80-90KM/H wuiiiiih serasa ngga mijak aspal tuh motor ... kok ngambang yaah ? jadi serem ... yg ini gw gak tau solusinya