Senin, 11 Januari 2010

Korek Harian (KOHAR)

Korek Harian 4-Tak : Setting Karburator
Meski bisa pertahankan karbu standar bawaan pabrik, kohar alias korek harian 4-tak tetap perlu ubah setingan. “Kompresi sudah naik dan kem dikorek, karbu sebagai pemasok gas bakar harus disesuaikan,” jelas Teng Suang Hak, mekanik Ahak Motor, yang mangkal di Jl. Kapuk Raya, No. 55D, Jakarta Utara.

Pria akrab dipanggil Ahak itu, ajukan tips simpel nyeting main-jet dan pilot-jet. “Tidak pake patokan. Soalnya karakter masing-masing kohar beda. Kuncinya, rasakan saja dampak di mesin,” kata Ahak yang sibuk garap motor balap pesanan saat ditemui Em-Plus di bengkelnya.


Lakukan penyetelan gas dan angin secara maksimal. “Jika teriakan mesin pada setelan gas tertinggi kurang njerit, berarti main-jet memang kurang. Coba naikan 5 angka dulu,” kata lelaki berambut cepak ini.

Setelah itu, coba tarik gas. Jika pada gas tinggi tampak kayak ada kosong, alias ada jeda pada pasokan bensin. “Itu main-jet masih kurang. Bisa naikan satu step lagi, atau jadi 7 atau 7,5 angka. Biasanya, untuk kohar kenaikan itu sudah cukup tinggi,” ingatnya.

Sebaliknya, jika saat digas malah terasa mbrebet di putaran atas. Itu artinya, kenaikan main-jet yang dilakukan terlalu besar dan harus diturunin. Selain mbrebet, setelan main kegedean juga berdampak bensin boros. “Bensin terbuang dan nggak terbakar maksimal. Bisa dilihat di busi. Kalau cepat sekali hitam, berarti setelan kegedean pas,” ujar Ahak lagi.

Sementara untuk setelan pilot-jet, gejalanya juga dideteksi dengan beberapa hal. Gejala pertama, jika motor susah hidup setelah dilakukan korekan. “Atau setelah hidup, tapi pada putaran bawah tampak seperti ada kosongnya. Kayak bensin enggak jalan. Itu artinya pilot-jet perlu dinaikan,” katanya.

Cara menaikan juga bertahap. “Sama kayak kenaikan main-jet, coba dinaikan 5 angka dulu,” tambah mekanik yang sukses bikin Kanzen melejit di pentas pasar senggol Jakarta.

Ahak kasih ancer-ancer, kebiasan yang dilakukannya, setelan pilot-jet maupun main–jet untuk kohar, pas pada penambahan antara 5 sampai 7,5 angka. Tentu saja, tergantung karakter korekan dan jenis karburator. “Tapi dari pengalaman, setingan pilot dan main-jet koharenggak pernah sampai 10. Jenis karburator apapun, deh,” tutup Ahak

korekan cb 100

berikut ini adalah artikel yang dikirim ke email admin dari bro aditya, hasil pengalaman pribadi bersama GL100-nya yang dialaminya, semoga bisa berguna buat bikers lain, terutama pecinta CB 100.

Aku punya motor CB100 tahun 83. Awal baru beli bt banget sama motorku dari masalah kelistrikan sampai ke masalah speed.

Pertama aku main kelistrikan. Aku rubah pake cdi grand. Tapi masih kurang soalnya masih kurang sempurna. Akhirnya aku ganti magnet dan spul pake grand. Aku beli bak magnet grand trus dibubut bentuk bulat seukuran yang di bak magnet CB….Aku cuma mau ambil dudukan spul grand biar bisa dipasang di magnet CB. Trus aku las babet di magnet CB. Jadi bak magnet cb aku pake spul Grand. Jadi tampilan luar tetap standar. Kelistrikan pun untuk aku sudah sempurna.

Untuk urusan mesin aku adopsi punya suzuki satria F150 dengan ukuran diameter seher 70mm. Tapi Pen seher tetap 15. Aku pakai seher buatan Izumi.

Untuk urusan langkah, Aku pakai bandul Honda CG karena bandul CG leebih berat. Dorongan kompresi makin matap dengan naik Stroke 10mm. Dengan spek tersebut CB tungganganku makin ngacir.

Lumayan buat bisa melawan ninja.

Sabtu, 09 Januari 2010

cara gampang memperoleh motor kawasaki

Sub dealer ini menyediakan berbagai macam model motor produk Kawasaki khusus roda dua. Diantaranya jenis motor bebek, motor trail dan dan motor sport.

Dari masing-masing jenis tersebut mempunyai tiga tipe yang berbeda-beda dan masing-masing jenis tersebut mempuyai kapasitas mesin 112 cc, 125 cc dan 130 cc dengan jaminan selama 3 tahun, ungkap Anggi selaku Manager sub dealer Kawasaki Cabang Bengkulu.

Di sub dealer ini dilayani dua bentuk penjualan yaitu secara tunai dan kredit. Untuk kredit bisa melalui Adira Finance ataupun Bakti Finance tergantung selera konsuman, lanjutnya menerangkan.

Bagi masyarakat Bengkulu yang berminat untuk membeli motor Kawasaki, tim salesmannya siap mengantarkan motor ke alamat yang di tuju.

Untuk pembelian secara tunai maupun kredit juga akan diberikan layanan servis dan ganti oli secara gratis ditambah hadiah dari PT. Kawasaki Motor Indonesia berupa Jaket dan Helm. Jadi tunggu apa lagi silahkan datang saja ke tempat kami, promonya. (ci2)