Senin, 02 November 2009

Tips agar Super Kips ngebuka lebih awal

Super KIPS ( Super Integrated Power Valve Sistem ) pada Kawasaki Ninja RR bagaikan Variable Timing Valve pada mesin 4-tak mobil canggih. Bedanya KIPS bertugas membuka-tutup lubang buang. Fungsi KIPS bisa dimaksimalkan dengan mengakali kekerasan per penekan batang pembuka governor. Jadi tanpa korek mesin karakter mesin bisa berubah, tinggal pilih mau enak tarikan bawah atawa dahsyat di pitaran atas.

Terdiri dari rangkaian per bola sentrifugal dan ring. Pada Ninja RR Standar, bola sentrifugal akan terlempar penuh pada 7.000 rpm.

Bergesernya bola, menekan per dan batang KIPS membuka lubang tambahan, sama kaya kerja kopling otomatis pada motor bebek ketika kita menginjak persneling. Nah, kalau mau ngerubah karakter, sisipin aja ring dengan diameter luar 28mm, diameter dalem 15mm dan tebal 1mm pada rangkaian sebelum per, mirip dengan mengganjal per klep.

Hasilnya per menekan lebih keras. Pergeseran bola sentrifugal cepat direspon. KIPS pun cepat membuka, cocok untuk mesin rom tinggi. Kalau masih kurang tambahin aja beberapa ring biat KIPS mbuka pada putaran lebih rendah.

Jika Ring diletakkan setelah per, efeknya berkebalikan. Pergeseran bola hanya sedikit,
hasilnya bukaan KIPS tertunda.
Rabu, 30 September 2009 at 12:49 - 0 Comments

Tips Super Kips Kawasaki Ninja yang Nyangkut

Katup Super KIPS di Kawasaki Ninja generasi Euro 2 bisa macet. Kalo udah macet, akselerasi dan top-speed langsung drop. “Macet karena tumpukan kerak sisa gas buang. Jadi gerak putarnya terhambat. Tapi, nggak perlu diganti. Cukup dibersihin kayak servis kepala silinder,” bilang Freddyanto Basuki, bos divisi servis PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI).

Sejatinya katup Super KIPS buat nambah power. Ia membuka setelah mesin berkitir sampai 7.000 rpm. Di rpm bawah, akselerasi motor bagus karena katup Super KIPS nutup. Sehingga bukaan lubang eksos gak besar. Dan, di rpm atas top speed-nya laju. Sebab katup KIPS membuka liang eksos tambahan. Alhasil, gas buang lebih lancar dan cepat.

“Super KIPS juga guna memenuhi standar emisi gas buang Euro 2 Makanya, jika Super KIPS macet, semua tujuannya gak jalan,” jelas Freddy, sapaan Freddyanto Basuki. Dia juga kasih cara gampang jika Super KIPS macet.
Buka aja karet penutup Super KIPS di depan cylinder-head. Mengeceknya, buka gas ampe 7.000 rpm. Jika gigi-gigi Super KIPS tak bergerak, tandanya komponen ini macet. “Mestinya di rpm 6.000 gigi-gigi Super KIPS mulai gerak dan membuka penuh setelah 7.000 rpm,” jelas Freddy lagi.

Kalo udah ketauan macet, buruan betulin. Bisa dikerjain sendiri, kok. Siapin obeng plus, kunci ring 10 dan 8 serta kunci L 5. Mulai dengan buka fairing samping pake obeng plus. Berikutnya, copot karet pelindung Super KIPS.

Lalu lepas batang pemutar katup Super KIPS. Pakai kunci ring 10. Awas, buka murnya beda dengan baut umumnya. Bukanya putar ke kanan. Sebaliknya, ngencengin putar ke kiri. Sebelum melepas batang pemutar, perhatikan bagian atasnya, ada titik. Saat dipasang nanti, titik ini kudu ada di tengah 2 titik yang ada di gigi ketup Super KIPS.

Lanjut copot rumah Super KIPS. Lepas kedua baut pengunci dengan kunci ring 8. Mbukanya normal, putar ke kiri. Kini katup Super KIPS keliatan. Sebelum melepasnya, perhatikan gigi-gigi kedua katup. Ada 1 titik di tiap gigi. Pas masang nanti, kedua titik kudu ketemu.

Kalo udah paham, lepas dua baut pengunci katup pake kunci L 5. Mencabut katup mesti bantu cungkil dengan obeng min. Posisi nyongkelnya pilih yang gak ngerusak permukaan kepala silinder.

Sekarang bersihin. Jika ada cairan carburator cleaner bisa disemprotkan dulu agar kerak melunak. Kalo nggak ada, kikis aja dengan ampelas halus ukuran 1.000 agar tidak mengikis besi katup.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar