Sabtu, 03 Oktober 2009

Cara Merawat Mesin Motor

Tips and Trik Merawat Mesin Sepeda Motor Setiap pengguna sepeda motor pasti berharap bisa mengendarainya untukjangka panjang. Untuk itu pemilik sepeda motor harus memperhatikanperawatan mesin karena kondisi mesin sepeda motor tergantung daripemeliharaan dan kebiasaan pemiliknya dalam mengendarai. So tak adasalahnya Anda cermati tips dan trik tentang merawat mesin sepeda motorberikut:
- Tanda-tanda kerusakan
Pada umumnya setiapkerusakan pasti akan terdapat tanda-tanda terlebih dahulu kecuali jikaterjadi hal-hal yang menyimpang misalnya kecelakaan. Untukmengantisipasinya maka perhatikan apabila ada gejala yang tidaknormal/tidak seperti biasanya pada sepeda motor Anda. Sikap demikianakan membantu dan memudahkan Anda untuk mendeteksi kerusakan lebih dini.
- Cermati kerusakan
Apabilaterjadi kerusakan mesin maka perbaikan tidak boleh ditunda lebih lamadengan kata lain harus segera diperbaiki. Namun ingat, jika Anda tidakpunya cukup keahlian jangan sekali-sekali membongkar dan memperbaikinyaseorang diri. Karena disamping buang waktu dan tenaga maka kerusakanbisa jadi akan tambah parah. Lebih baik segera Anda bawa ke bengkel.
- Kerusakan beruntun
Apabilasepeda motor Anda mengalami gejala kerusakan yang berturut-turut danlebih dari satu sebab maka cara yang paling tepat adalah periksalahbagian-bagian yang mudah dicapai terlebih dahulu satu per satu barukemudian ke bagian-bagian lain. Anda bisa membawanya ke bengkel denganketerangan yang lengkap jadi akan memudahkan mekanik nya untukmemperbaikinya.
- Kerusakan kecil
Apabila terjadikerusakan kecil di jalan seperti kerusakan pada mur, baut, kabel-kabel,kebocoran bensin/oli yang tidak memerlukan pembongkaran mesin yangruwet maka Anda bisa melakukan perbaikan sendiri. Akan tetapi jikakerusakan yang terjadi mengakibatkan patahnya komponen utama danmemerlukan pembongkaran mesin Anda harus membawanya ke bengkel service.
Nah, tak sulit bukan jika Anda mulai mencoba bersahabat dengankendaraan sendiri, semakin rajin merawat, tentu semakin sedikit biayayang bakal anda kelurkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar