Sabtu, 03 Oktober 2009

Cara Merawat Motor

Cara Gampang Merawat Motor! Kalau motor sudah mulai rewel, paling nyebelin! apalagi bagi yang maumudik naik motor. Jangan buru-buru menyalahkan motor Anda, bisa jadiAndalah yang kurang merawat motor. So tak ada salahnya mengintip tipsmerawat motor berikut!
Cek Kondisi Oli
Oli mesin inisangat penting peranannya untuk melumas komponen-komponen mesin,seperti stang seher, seher, dan ring seher, kruk as dan noken as ataustang klep. Jika keberadaan minyak pelumas sudah berwarnakehitam-hitaman atau kelenturan daya lumasnya berkurang, maka sebaiknyadiganti. Ganti oli secara berkala dan gunakan sesuai dengan rekomendasipabrikan.
Cek Kondisi Aki
Jangan biarkan air accumelewati batas maksimum dan minimum yang akibatnya bisa mempercepatkerusakan pada sel-sel accu. Tambahkan aki pada pagi hari.
Janganbiarkan baterai atau accu yang sudah mulai melemah, segeralahmenggantinya, bukan hal baik jika anda tetap memaksa menggunakannya.Jika tetap dipaksakan kedua kutub positif dan negatif akan mengeluarkankorosi (serbuk putih) yang akan menjalar ke bagian kabel-kabel utamayang menghubungkan arus listrik ke saluran lampu, dinamo, ataubagian-bagian lainnya.
Jika memang motor anda mengalami haltersebut, arus listrik yang dihantarkan baterai atau accu tidaksempurna akan menyebabkan kerusakan pada komponen dinamo, kontak mesinmaupun switch lampu. Satu hal yang perlu diperhatikan jika accu sudahlemah atau tidak mampu di starter dan distarter, jangan memaksamendorong sepeda motor untuk menghidupkannya sebab hanya akan merusakgigi transmisi.
Periksa Rantai dan Gir
Janganbiarkan rantai terlalu kendor, atau terlalu kencang. Terlalu kendorbisa membuat rantai copot dari girnya, sementara terlalu kencang bisamengakibatkan putus rantai. Cek juga kondisi gir, jika sudah tajamsegera ganti karena jika tidak rantai bisa tiba-tiba putus. Bahaya kan,kalo lagi ngebut tiba-tiba putus rantai?
Periksa Kabel Koil dan Busi
Perhatikankeberadaan kabel koil yang menghubungkan arus listrik ke busi. Cepatganti kabel yang kelihatannya sudah cukup umur dan banyak terlihatkeretakan dan pengerasan pada kabel. Jangan lupa perhatikan keberadaanbusi karena busi sangat vital untuk kelancaran sebuah mesin kendaraan.
Perhatikan Selang Bensin
Selangbensin ke karburator juga merupakanm komponen yang layak diperhatikan.Jangan membiarkan kondisi selang bensin mengeras atau terjadiretakan-retakan, karena bagian dalam selang bisa jadi sudah tidakelastis dan mengakibatkan serbuk kotoran yang berasal dari selangterbawa ke karburator. Pada akhirnya akan terjadi penyumbatan suplaibensin dari tanki ke karburator sehingga mengganggu sistem pembakaran.
Panaskan Mesin paling lama 2 Menit
Panaskanmesin sebelum motor dijalankan, tak perlu lama-lama cukup 1-2 menitagar sirkulasi oli bisa melumasi seluruh bagian dalam mesin yangbergerak. Jangan terlalu lama memanaskan karena akan membuat pipaknalpot menguning selain itu Anda pasti tak mau buang-buang bensinkhan?.
Periksa tekanan angin ban
Jangan terlalu keras dan juga jangan kurang karena bisa berakibat kembang ban motor rusak.
Gunakan Selalu Sparepart Asli
Lebih baik mahal sedikit, tapi puas dan tahan lama daripada memakai yang tidak asli, meski murah tapi tapi daya tahan kurang.
So tidak sulit bukan, asal anda rajin merawat motor dengan benar pasti motor kesayangan Anda senatiasa tampil prima.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar